Penyebab Terjadi Korsleting Listrik

12 May 2022

Listrik telah menjadi hal yang tidak dapat kita pisahkan dari kehidupan modern sekarang ini. Penggunaan listrik digunakan untuk keperluan rumahan sampai Industri, Tapi sangat disayangkan, dalam penggunaannya masih kerap tidak diperhatikan, terutama dari segi keamanannya. Padahal, hal tersebut bisa menjadi penyebab korsleting listrik.

K1

Kurang pengetahuan perihal penyebab korsleting listrik, meningkatkan risiko timbulnya kerugian yang lebih besar. Salah satunya bisa menjadi penyebab kebakaran hebat. Lantas apa yang dimaksud dengan korsleting listrik?

Korsleting adalah hubungan arus pendek (short circuit) yang terjadi ketika aliran listrik yang mengalir tidak sesuai dengan nilai tahanan (hambatan). Jika itu terjadi, maka akan ada lonjakan arus listrik yang cukup besar dan mengakibatkan timbulnya percikan api hingga ledakan yang cukup besar. Penyebab korsleting listrik di rumah tersebut bisa timbul karena adanya penyambungan kabel yang tidak memperhatikan kutub-kutub listrik, atau karena adanya konduktor listrik yang tidak tertutup dengan bahan isolator sehingga bersentuhan dengan tidak sengaja.

K2

Tapi sebenarnya, masih banyak penyebab korsleting listrik lainnya yang perlu diketahui. Pasalnya, penyebab korsleting listrik terutama di rumah tidak hanya dari kesalahan instalasi, namun bisa dikarenakan kebiasaan-kebiasaan yang kurang memperhatikan sisi keselamatan.

Penyebab Korsleting Listrik di Rumah

  1. Colokan yang Menumpuk

    Solusi yang paling sering dilakukan oleh kita jikalau jumlah colokan yang sedikit adalah menambah colokan T. Tetapi tahukah Anda bahwa penambahan jumlah colokan yang terlalu banyak pada 1 titik stop kontak akan menyebabkan semakin besar arus yang mengalir melaluinya, dan jikalau sudah semakin banyak akan menimbulkan panas dan korsleting listrik pada stop kontak tersebut.

    K3

  2. Sambungan Kabel yang Berantakan

    Sambungan kabel yang tidak rapi juga menjadi penyebab korsleting di rumah. Jika kamu harus menyambung kabel, pastikan untuk melakukannya dengan rapi, baik ketika menyolder atau memberi isolator. Akan lebih bagus jika setiap sambungan listrik rumah memakai dop sambung untuk memastikan kabel benar-benar tersambung dengan rapi. Dengan demikian, kamu dapat meminimalisasi potensi hubungan arus pendek.

    K4

    K5

  3. Kapasitas Kabel yang Tidak Sesuai Besaran Arus Listrik

    Penyebab korsleting di rumah lainnya ialah kapasitas kabel yang tidak sesuai dengan besarnya arus listrik yang ada. Kabel listrik memiliki variasi ukuran luas penampang, semakin besar luas penampangnya maka kabel tersebut akan dapat mengalirkan arus listrik lebih besar. Pemilihan kabel yang tidak sesuai dengan kebutuhan beban listrik Anda, dapat menyebabkan kabel panas dan kemudian menyebabkan korsleting listrik.

    Untuk itu, sebaiknya kabel yang dipakai sesuai dengan besar arus listriknya. Untuk mengetahui jenis kabel yang cocok dipakai oleh Anda silakan baca artikel “Jenis Kabel Listrik” di sini.

  4. Colokan Kendur

    Korsleting juga bisa terjadi karena colokan listrik yang kendur. Colokan yang tidak stabil dan kendur dapat berpotensi menimbulkan percikan api sehingga menyebabkan hubungan arus pendek. Oleh sebab itu pastikan colokan listrik Anda terpasang dengan ketat.

    K6

  5. Penggunaan Komponen Listrik yang Tidak Sesuai Standar

    Merek Komponen listrik yang tersedia di pasaran sangat beragam, dari yang murah sampai yang mahal. Penggunaan komponen listrik yang tidak sesuai standar juga bisa memicu hubungan arus pendek karena terbuat dari bahan yang tidak murni dan tidak berkualitas. Untuk mencegahnya, sebaiknya gunakan peralatan dan komponen listrik yang sudah ter standarisasi SNI.

    K7

  6. Terkena Air

    Air merupakan musuh utama dari listrik, air mengandung mineral dapat menjadi konduktor yang baik, sehingga dapat menyebabkan hubungan arus singkat/korsleting. Untuk itu, sebaiknya jangan letakkan benda-benda yang berisi air di dekat peralatan atau sumber listrik untuk menghindari terjadinya korsleting listrik.

  7. Berdekatan dengan Sumber Panas

    Selain terkena cairan, hubungan arus pendek juga bisa terjadi akibat paparan panas yang berlebihan. Sumber listrik yang terpapar panas berlebih dapat berpotensi menimbulkan percikan api dan menyebabkan korsleting. Untuk itu, sebaiknya jauhkan peralatan listrik dari sumber panas seperti kompor.

Demikian beberapa penyebab terjadinya korsleting listrik terutama pada rumahan, sekiranya dapat dipahami dan diaplikasikan agar mengurangi risiko terjadi kebakaran akibat terjadinya korsleting listrik.

K8

An unhandled error has occurred. Reload 🗙