Perbedaan HMI dan SCADA

19 November 2021

Selain SCADA, kita juga mengenal HMI yang dapat disebut sebagai tampilan antarmuka mesin. Secara teknis, SCADA dan HMI memiliki fungsi yang hampir sama. Namun secara manajemen, SCADA memiliki fungsi yang lebih kompleks dibandingkan dengan HMI.

HMI (Human Machine Interface) merupakan tampilan antarmuka sebagai perantara antara manusia dengan mesin maupun sistem. HMI dapat diartikan sebagai visualisasi kondisi dan status sistem secara real-time. Dengan demikian HMI dapat disebut sebagai sub-sistem dari SCADA. HMI lebih ditujukan pada suatu sub sistem yang lebih kecil yang memberikan kemudahan kepada operator untuk melakukan monitoring dan kontrol pada sub sistem tersebut. Sedangkan SCADA merupakan sistem yang mengontrol keseluruhan dari proses industri. SCADA mencakup bagian kontrol yang kompleks dan perencanaan produksi yang lebih besar. Oleh sebab itu SCADA dilengkapi dengan hak akses yang membedakan antara perencanaan dengan kontrol yang dilakukan oleh operator.

HMI memiliki tampilan yang lebih sederhana, berupa grafik, status, kondisi mesin untuk subsistem tertentu, sedangkan SCADA memiliki tampilan yang lebih kompleks untuk keseluruhan sistem dan proses yang saling berhubungan.

Sedangkan SCADA atau Supervisory control and data acquisition (SCADA) adalah sistem kontrol yang merupakan integrasi antar perangkat kontrol seperti PLC, HMI, RTU dan perangkat komputasi (PC) dengan tujuan untuk melakukan monitoring suatu proses industri dan melakukan pengumpulan data yang ditampilkan melalui tampilan antarmuka dan grafik. SCADA memudahkan kita untuk melakukan monitoring dan supervisi terhadap sistem-sistem yang terhubung dengan sensor cerdas yang dipasang sesuai dengan kebutuhan informasi. SCADA memiliki fungsi kontrol dengan akses yang mencakup keseluruhan dari proses dan sistem tertentu.

Jadi untuk sebuah sistem dianggap sebagai SCADA, harus memenuhi tiga fungsi utama, yaitu : fungsi monitoring, fungsi kontrol dan fungsi pengumpulan data. Fungsi kontrol pada SCADA mencakup keseluruhan dari sistem sehingga SCADA memiliki akses yang lebih besar dan kompleks. Sedangkan fungsi kontrol HMI hanya mencakup sebagian dari proses sehingga memiliki akses yang lebih terbatas.

Kesimpulan

HMI dan SCADA memiliki fungsi yang saling melengkapi satu dengan yang lain. HMI memudahkan kontrol operator di site sedangkan SCADA membantu memberikan kontrol keseluruhan proses dan menyediakan perencanaan untuk menjalankan sistem. Dengan demikian HMI membantu SCADA dalam melaksanakan fungsi kontrol pada suatu proses.

HMI dapat menjadi solusi untuk mengontrol sistem yang lebih sederhana sedangkan SCADA merupakan solusi untuk mengontrol sistem yang lebih rumit dan kompleks.

Dari segi operasional HMI memberikan fungsi kontrol kepada operator dalam proses tertentu, sedangkan SCADA memberikan kontrol kepada operator untuk keseluruhan sistem dan SCADA menyediakan fungsi perencanaan kepada pemegang kebijakan perusahaan.

PT. Makro Digital Teknologi merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pengembangan teknologi industri perusahaan. Kami berkomitmen untuk menyediakan teknologi industri yang tepat guna untuk meningkatkan kualitas perusahaan. Kami menyediakan sistem kontrol berupa HMI dan SCADA yang dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan anda. Konsultasikan kebutuhan sistem anda dan mulailah perjalanan anda bersama kami.

An unhandled error has occurred. Reload 🗙