Jenis Kabel Listrik

30 March 2022

Kita sering melihat berbagai jenis kabel listrik dengan berbagai karakter, besar, kecil, lentur, kaku, yang ditanam, yang dipasang menggantung. Semua kabel memiliki fungsi yang sama yaitu berupa konduktor, tetapi kenapa kabel memiliki banyak jenis dan apa bedanya?

Dari berbagai jenis kabel listrik, ada beberapa yang sering membuat para teknisi kebingungan, yaitu seperti kabel NYY, NYA, NYM, NYYHY, NYFGBY dan lain sebagainya. Nama-nama dari semua jenis kabel tersebut memang sedikit mirip sehingga agak sulit untuk membedakannya.

Setiap jenis kabel biasanya dilengkapi dengan informasi mengenai bahan dasar pembuatannya, yang mencakup ukuran kabel, tegangan nominal, kode bahan, dan jumlah wire dalam kabel. Setiap jenis kabel juga memiliki penerapan yang khusus di berbagai kondisi, Informasi ini berguna agar Anda bisa menggunakan jenis kabel yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk seorang teknisi wajib memahaminya agar tidak memilik jenis kabel yang tidak sesuai dengan kondisi kapasitas arus yang ada sehingga dapat menyebabkan hal yang tidak diinginkan.

Ciri-ciri kabel NYY, NYA, NYM, dan NYRGBY cukup jauh berbeda. Di artikel ini akan diulas lebih lengkap semua mengenai perbedaan dari ukuran, karakteristik, penggunaan, warna dan harga kabel NYY, NYA, NYM, NYRGBY dan lain sebagainya.

  1. NYM

    Kabel NYM ini sering digunakan di rumah dan gedung, dengan inti kabel yang terdiri dari satu sampai empat inti dan dilengkapi dengan lapisan isolasi PVC. Keberadaan bahan isolasi membuat kabel bisa digunakan di daerah kering ataupun basah, dan memiliki tingkat keamanan yang cukup baik.

nym

nym1

  1. NYMHY

    Jenis kabel ini memiliki lebih dari satu inti tembaga berserabut dengan bahan isolasi terluar berupa PVC. Kabel ini juga sering dipakai untuk instalasi listrik skala rumah tangga di bawah 900 watt. Kabel NYMHY terdiri dari tiga bagian, yakni bagian konduktor, isolator bagian dalam, dan pelindung luar yang juga terbuat dari bahan isolator.

nymhy

nymhy1

  1. NYY

    Jenis kabel ini memiliki inti tembaga berisolasi PVC. Kabel jenis NYY dibuat untuk instalasi tetap yang ditanam di dalam tanah, atau kondisi di lingkungan terbuka dengan tambahan perlindungan seperti duct, pipa PVC, atau pipa besi. Yang perlu Anda ketahui, bahan isolator pada kabel ini memiliki konstruksi yang lebih kuat sehingga harganya lebih mahal. Selain itu, bahan isolator pada kabel jenis NYY biasanya dilengkapi dengan anti gigitan tikus.

nyy

nyy1

  1. NYYHY

    Jenis kabel ini memiliki satu atau lebih inti tembaga berserabut dan memiliki selubung luar berupa bahan isolator dari PVC. Ini adalah jenis kabel yang sering digunakan di dalam rumah karena fleksibel sehingga mudah untuk dipasang.

nyyhy

nyyhy1

  1. NYA

    Kabel jenis NYA adalah kabel dengan inti yang terbuat dari bahan tembaga tunggal dan dilapisi bahan isolator PVC satu lapis. Kabel jenis ini biasanya digunakan untuk instalasi di perumahan dan instalasi kabel udara. Jika Anda ingin menggunakan kabel NYA, sebaiknya dilengkapi dengan pelindung seperti pipa PVC.

nya

nya

  1. NYAF

    Jenis kabel ini memiliki inti tembaga berserabut, dengan inti tunggal berisolasi bahan isolator PVC satu lapis. Ini adalah kabel yang memiliki sifat fleksibilitas yang tinggi karena inti tembaganya berbentuk serabut. Kabel jenis ini cocok untuk instalasi pada panel listrik yang membutuhkan banyak lekukan. Namun, kabel NYAF sebaiknya tidak digunakan di lingkungan terbuka yang bersifat basah maupun kering karena mudah terkelupas.

nyaf

nyaf1

  1. BC

    Kabel BC atau bare core adalah kabel yang tidak memiliki lapisan isolator, sehingga lebih sering digunakan pada instalasi penangkal petir dan dalam instalasi grounding. Namun, penggunaan kabel BC disarankan menggunakan bahan pelindung seperti pipa PVC.

bc

  1. NYFGBY dan NYRGBY

    Kabel type NYFGBY dan NYRGBY sering kita jumpai di pasang dan diaplikasikan untuk tegangan menengah seperti untuk suplai penerangan lampu jalan, suplai lampu merah, dan juga sebagai penghubung antara panel satu dengan lainnya, di mana kabel tersebut ditanam dalam tanah.

nyfbgy

An unhandled error has occurred. Reload 🗙